Senin, 01 Mei 2017

Delegasi Konferensi Internasional PIAUD

KONFERENSI INTERNASIONAL PIAUD
Pada hari Selasa, 18 April 2017 acara pembukaan kegiatan dilaksanakan di Hotel Harris pukul 20:30 WIB yang diawali dengan laporan Ketua Panitia oleh Bapak Nur Hamzah, S.Pd.I, M.Pd. Dilanjutkan  dengan sambutan-sambutan oleh Dekan FTIK IAIN Pontianak Dr.Hj.Lailial Muhtifah, M.Pd. , Ketua PPS PGRA Dr.H.Sumedi, M.Ag. , Rektor IAIN Pontianak , dan yang terakhir sambutan Direktur.DIKTIS.Kemenag.RI. Dilanjutkan Key Note Speaker yaitu arah dan kebijakan Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Agama RI dengan narasumber Direktur DIKTIS KEMENAG RI. Kemudian diakhiri dengan ramah tamah hingga pukul 01:00 WIB.
Pada hari Rabu tanggal 19 April 2017 pukul 08:00 WIB kegiatan Seminar Nasional dengan Tema “Calistung untuk AUD” dengan pembicara Dr. Fauziah Fauzan El-Muhammady, MM. Dalam seminar tersebut dijelaskan mengenai hal terpenting yang perlu dibangun saat usia dini ialah karakter anak bukan kemampuan calistung. Dalam QUBA CURRICULUM (Qur’an-Sunah Brain Attitude) dijelaskan bahwa Al-Qur’an dan Sunnah memimpin kerja otak yang terlihat dari sikap. Kemampuan bahasa anak juga meliputi dari Listening (mendengarkan), Receptive Language (menerima dan mencerna info dengan benar), Expresive Language (mengekspresikan pikiran dan perasaan), Writing (menulis), dan Reading (membaca basic sampai dengan Advanced Reading). Di dalam otak terdapat dua area yaitu Brocoa Area dan Wernicke Area. Brocoa Area adalah kemampuan anak yang unggul dalam hal tulisan, sedangkan Wernicke Area adalah kemampuan anak yang unggul dalam hal lisan. Kemampuan bahasa anak sangat dipengaruhi oleh aspek sensorik dan aspek motorik.
Kongres Mahasiswa PIAUD Seluruh Indonesia (IKMAPISI) Ke-1 dimulai pukul 13:00 WIB. Diawali dengan Sidang Pleno I dengan rincian Pembahasan agenda acara (Konstederan/penetapan), Pembahasan tata tertib (Konstederan/penetapan), dan Pemilihan presidium tetap (Konstederan/penetapan). Dilanjutkan Sidang Pleno II pukul 13:30 WIB yaitu Pembacaan PD/PRT/GBHK (Konstederan/penetapan), dan Pembacaan kriteria Ketua Umum (Konstederan/penetapan) dengan ketetapan terlampir. Pukul 16:15 WIB, melanjutkan Sidang Pleno III yaitu Pembagian sidang komisi dan Penyampaian hasil rekomendasi setiap komisi (Konstederan/penetapan). Sidang Pleno IV dilaksanakan pukul 18.30 WIB dengan rincian kegiatan Pembalonan (bakal calon), Pemilihan, Penetapan (terlampir), Sambutan Formatur, Sambutan dan pernyataan Ketua Umum terpilih, dan diakhiri Penutup. Acara Kongres selesai pukul 23:00 WIB.
Kamis, 20 April 2017 pukul 07:00 WIB dilanjutkan kegiatan dengan agenda Wisata Menyusuri Sungai Kapuas dan Tugu Khatulistiwa. Kegiatan selesai pada pukul 12:00 WIB.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OPAK JURUSAN PIAUD 2017 Pelaksanaan OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) Jurusan PIAUD pada tanggal 10 Agustus 2017 di ...